Viral! Inilah Profil Cak Nun yang Sebut Presiden Jokowi Fir’aun

Hani Hnsa 0 Komentar

Viral video Emha Ainun Najib alias Cak Nun dalam salah satu acara Maiyahan Kenduri Cinta, menyentil Presiden Joko Widodo (Jokowi).

INDIFFS.COM – Viral video Emha Ainun Najib alias Cak Nun dalam salah satu acara Maiyahan Kenduri Cinta, menyentil Presiden Joko Widodo (Jokowi). Cak Nun terlihat didampingi dosen Universitas Airlangga (Unair) Suko Widodo.

Dalam video viral terlihat ia menyinggung Presiden Jokowi hingga Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan yang disamakan dengan tokoh jahat pada era Nabi Musa AS.

“Hasil pemilu kan menunjukkan tingkat kedewasaan rakyat, bahkan juga algoritma pemilu. Misal Pemilu 2024 itu koen gak (kamu tidak) mungkin menang, wes onok sing (sudah ada yang) menang teko saiki (mulai sekarang), wes onok sing (sudah ada yang) menang,” ujarnya.

“Karena Indonesia wes (sudah) dikuasai oleh Firaun yang namanya Jokowi, oleh Qorun yang namanya Anthony Salim dan 10 Naga. Gak sembilan, 10 saiki rek. Terus Hammam yang namanya Luhut,” lanjutnya.

Sejak potongan video ceramahnya itu viral di media sosial dan ramai diperbincangkan, ia mengaku mendapat banyak cemoohan. Akan tetapi, ia memilih bertawakal, karena ia percaya ini adalah ujian dari Sang Pencipta saat dirinya tulus berupaya berkontribusi melalui dakwah demi meningkatkan kualitas iman dan bernegara masyarakat.

Lantas, siapa sebenernya Cak Nun yang viral di media sosial tersebut? Simak di bawah ini.

Profil Cak Nun

Cak Nun atau Emha Ainun Nadjib merupakan seorang tokoh intelektual Muslim Indonesia.

Pria yang memiliki nama lengkap Muhammad Ainun Nadjib tersebut terkenal sebagai seorang seniman, budayawan, penyair, cendekiawan, ilmuwan, sastrawan, aktivis-pekerja sosial. Ia kerap menyampaikan gagasan dan kritikannya dalam bentuk puisi, esai, film hingga cerpen.

CakNun lahir di desa Menturo, Sumobito, Jombang, Jawa Timur pada hari Rabu Legi, 27 Mei 1953. Ia merupakan anak keempat dari lima belas bersaudara, pasangan Muhammad Abdul Lathif dan Chalimah.

Ia terlahir di tengah-tengah keluarga yang sederhana. Ayah CakNun bekerja sebagai petani sekaligus seorang kyai yang memiliki sebuah surau dan ibunya seorang ibu rumah tangga.

Semenjak kecil, ia sudah memiliki jiwa sosial yang tinggi. Lingkungannya di masa kecil memengaruhi karakter CakNun sebagai sosok yang memiliki kepedulian sosial yang begitu besar.

Ayah dan ibunya merupakan tokoh masyarakat yang memiliki pengaruh besar di masyarakat. Bisa dibilang, orang tuanya menjadi semacam tempat mengadu bagi warga desa. Semua masalah dan keluh kesah warga selalu disampaikan kepada orang tua CakNun.

  • Nama Lengkap : Emha Ainun Nadjib Alias Cak Nun
  • Umur : 69 tahun
  • Agama : Islam
  • Tempat Lahir : Jombang, Jawa Timur
  • Tanggal Lahir : Rabu, 27 Mei 1953
  • Zodiak : Gemini
  • Warga Negara : Indonesia
  • Istri : Novia S. Kolopaking
  • Anak : Sabrang Mowo Damar Panuluh, Ainayya Al-Fatihah, Aqiela Fadia Haya, Jembar Tahta Aunillah, Anayallah Rampak Mayesha

Perjalanan Karir

Berikut ini adalah perjalanan karier Cak Nun:

  • Pengasuh Ruang Sastra di harian Masa Kini, Yogyakarta (1970)
  • Wartawan/Redaktur di harian Masa Kini, Yogyakarta (1973-1976)
  • Pemimpin Teater Dinasti (Yogyakarta)
  • Pemimpin Grup musik Kyai Kanjeng
  • Penulis puisi dan kolumnis di beberapa media.

Latar belakangnya sebagai seorang budayawan dan pendakwah menjadikan keberadaan Cak Nun sebagai tokoh penting dalam berbagai acara. Dari berbagai acara terutama dalam acara-acara keagamaan dan kebudayaan, Cak Nun memang mampu memberikan pandangan keagamaan, sosial, dan kebudayaan melalui dialog-dialog yang dilakukannya.

Demikian informasi terkait profil Cak Nun atau Emha Ainun Nadjib yang menyentil Presiden Jokowi.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru