7 Nama Makanan Khas Unik Asal Indonesia, Bikin Ngakak!

Hani Hnsa 0 Komentar

Nama makanan khas unik Indonesia menjadi salah satu ketertarikan tersendiri bagi wisatawan mancanegara. Apa saja ya? Yuk, cari tahu!

IndiffsNama makanan khas unik Indonesia menjadi salah satu ketertarikan tersendiri bagi wisatawan mancanegara. Sebab nama unik dan cita rasa membuat penasaran untuk dicoba.

Makanan khas Nusantara yang memiliki nama unik dan lucu kerap kali membuat orang Indonesia sendiri saja tertawa geli dibuatnya. Nama makanan unik ini tersebar dan menjadi menu istimewa sejak nenek moyang. Sebagian masih dijajakan di pasar tradisional dan ada pula yang menjamah restoran papan atas.

Nama Makanan Khas yang Unik

Melansir dari berbagai sumber, inilah nama makanan khas yang unik bikin ngakak:

1. Nasi Kentut

Nasi Kentut

Nasi Kentut – Tempo.co

Nama makanan unik yang bikin ngakak selanjutnya berasal dari Medan. Nasi kentut dimasak bersama daun sembukan (paederia scandens). Sebab dikenal sebagai tanaman kentut di Sumatera dan Jawa, muncullah nama ‘Nasi Kentut’.

Meski begitu, nasi kentut tetap memberi cita rasa lezat dan tak menimbulkan bau tak sedap layaknya kentut. Kerap disajikan dengan ikan pepes, ayam gulung, tahu dan tempe. Tak perlu ragu untuk mencobanya. Sebab daun sembukan sangat baik bagi kesehatan, seperti mengobati sariawan, mengatasi perut kembung, mengobati mata dan radang telinga.

2. Kue Ketawa

Kue Ketawa

Kue Ketawa – YouTube

Yang makan kue ini bakalan ketawa, mungkin hal itu yang ada dipikiran kalian, tapi sebenarnya, kue ini bentuknya bulat dan ada belahan di permukaan nya sehingga terlihat seperti sebuah senyuman/ketawa. Mungkin hal ini yang menjadi asal mula kue ini disebut dengan nama Kue Ketawa.

3. Kue Tete

Kue Tete

Kue Tete – Tagar.ID

Eits, jangan mikir yang aneh-aneh dulu. Kue Tete disini merupakan olahan dari tepung terigu dan tepung beras dengan diberi pewarna makanan hijau atau daun pandan, bahan dasarnya memang sesederhana ini, namun bentuk dari Kue Tete ini yang bisa buat orang pangling.

Kue yang bagian tengahnya berwarna hijau ini memiliki bentuk yang melebar dan di tengahnya nyembul seperti payudara. Makanya dinamakan Kue Tete. Kue Tete ini sebenarnya berasal dari Betawi dan memiliki nama lain yakni Kue Ape, namun kalian sepertinya sudah sering melihatnya dipinggir-pinggir jalan.

4. Bubur Memek

Bubur Memek

Bubur Memek – Viva

Memek, salah satu kuliner khas daerah Simeulue, Aceh ini termasuk dalam jajaran kuliner khas yang wajib dicoba saat bertandang ke daerah Serambi Mekah.

Meski memiliki nama yang kurang lazim, tapi memek Simeulue sangat enak. Apalagi buat kamu penyuka hidangan manis. Kuliner tradisional khas Simeulue ini terbuat dari beras ketan putih yang digongseng bersama pisang, santan dan gula.

Sekilas, kuliner ini terlihat mirip seperti oat yang dicampur pisang. Rasanya manis dengan aroma pisang yang menyeruak hingga ke hidung. Beras ketan yang digongseng memberikan tekstur renyah. Rasanya benar-benar nikmat.

5. Mie Penthil

Nama Makanan Khas unik

Mie Penthil – SOBO nDESO

Jangan asal berpikir jorok ya, karena nama kuliner ini. Karena nama Mie Penthil ini bukan tertuju pada puting payudara perempuan, tapi penthil di sini berartil karet. Hal ini karena saat memakan mie ini seperti makan karet. Bentuknya juga mirip karet. Tak heran jika orang lokal menyebutnya Mie Penthil.

6. Bir Pletok

Nama Makanan Khas Unik

Bir Pletok – Kompas.com

Bir Pletok, diliat dari namanya aja udah unik dan lucu ya? Gak perlu khawatir minum bir satu ini, sebab, bir pletok ini gak bakal bikin kamu mabuk. Orang Betawi mengonsumsi minuman ini sebagai penghangat badan dan melancarkan peredaran darah. Minuman khas Betawi ini dibuat dari campuran rempah kayak jahe, daun pandan wangi, dan serai. Dan yang buat warnanya merah, biasanya orang Betawi mencampur nya dengan kayu secang.

7. Kue Kontol Kejepit

Nama Makanan Khas Unik

Kue Kontol Kejepit – Hipwee

Beragam makanan lezat di Indonesia ada yang memiliki nama unik, bahkan terkesan jorok. Seperti makanan khas Bantul, Jawa Tengah yang bernama ‘Kontol Kejepit’ atau sering disebut ‘Tolpit’.

Makanan ini merupakan jajanan tradisional yang terbuat dari adonan tepung cair (encer) yang rasanya manis legit, lalu digoreng. Saat proses penggorengan, Tolpit ini mengembang, kemudian dijepit menggunakan sumpit. Karena proses pembuatan nya inilah mengapa dinamakan ‘Kontol Kejepit’.

Namun, menurut seorang penjual ‘Kontol Kejepit’ di Bantul bernama Mardinem kini nama jajanan ini telah berubah. Sekarang jajanan ini dikenal dengan nama kue adrem.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru