Menopause: Penyebab dan Cara Pencegahan di Usia Muda

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Ada beberapa faktor penyebab terjadinya menopause dini atau menopause di usia muda. Dan penting diketahui agar terjaga kestabilan tubuh.

Indiffs – Menopause atau mati haid biasanya terjadi pada seorang wanita yang telah berumur yakni 45 hingga 50 tahun ke atas dan ini merupakan hal yang normal. Namun, tak jarang juga ditemui pada kalangan wanita yang masih muda atau di bawah umur 40 tahun yang mengalami menopause. Tentunya hal ini dapat menyebabkan timbulnya osteoporosis pada tulang dan dapat menurunkan kepadatan pada tulang. Hal ini perlu di ketahui khususnya bagi wanita, apa faktor penyebab terjadinya menopause dini atau di usia muda dan beberapa resiko yang akan terjadi bagi tubuh. 

Faktor Penyebab Menopause di Usia Muda

Menopause dini atau yang terjadi di usia muda dapat disebabkan oleh beberapa faktor, berikut faktor penyebabnya:

  • Penyakit Autoimun

Penyakit autoimun ini terjadi di mana sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel yang sehat dalam tubuh. Sedangkan sistem kekebalan tubuh, seharusnya berfungsi melindungi tubuh untuk melawan penyakit dan sel jahat, seperti bakteri maupun virus. Penyakit ini seperti rheumatoid arthritis sejenis radang yang terjadi pada sendi.

  • Penyakit Tiroid

Produksi hormon yang terlalu tinggi atau rendah ini dapat membuat timbulnya terjadi menopause dini, yang dimana ini terjadi karena kondisi kelainan pada seseorang akibat adanya gangguan pada kelenjar tiroid.

  • Mengonsumsi Banyak Obat Obatan

Tentunya salah satu penyebab terjadinya menopause dini karena terlalu banyak mengonsumsi obat obatan, yang dimana ini mengandung efek samping. Sehingga, mati haid di usia muda akan terjadi.

  • Stress

Selain mempengaruhi kesehatan juga, stress bisa menyebabkan terjadinya ketidak seimbangan hormon sehingga menyebabkan menopause di usia muda.

  • Merokok

Wanita yang merokok dapat memicu terjadinya menopause, asap rokok ini membuat ovarium mengalami kerusakan karena efek dari rokok yang mengandung anti-estrogen. Tak hanya itu wanita yang merokok jua akan mengalami kematian dini dibanding dengan wanita yang tidak merokok.

  • Terapi Radiasi dan Kemoterapi

Pengobatan penyakit kanker ini memiliki efek samping yang mengganggu ovarium untuk bekerja secara normal. 

Cara Pencegahan Menopause di Usia Muda

Tentunya hal ini dilakukan agar kesehatan stabil serta pertumbuhan tubuh secara baik dan normal

  • Mengetahui Faktor Penyebab

Penting diketahui bagi kamu untuk melakukan pencegahan menopause dini dengan mengetahui beberapa faktor penyebab terjadi nya menopause. Seperti faktor penyakit yang akan menyebabkan menopause dini terjadi dan faktor genetik keluarga.

  • Jangan Melakukan Olahraga Berlebihan

Tentunya dengan melakukan olahraga yang tidak berlebihan ini dapat mencegah terjadinya menopause dini. Akan tetapi jika olah raga berlebihan kamu lakukan menopouse dini akan terjadi karena hal ini justru bisa memicu ketidakseimbangan hormon yang menyebabkan ovulasi yang tidak teratur dan potensi kekurangan hormon.

  • Menjaga Berat Badan

Hal ini perlu diterapkan bagi kamu yang tidak ingin mengalami mati haid di usia dini, dikutip dari sehatQ menjelaskan bahwa Estrogen, hormon seks wanita yang mempengaruhi proses menstruasi dan kesuburan wanita, disimpan dalam jaringan lemak. Saat jumlah lemak di tubuh berlebih atau terlalu rendah, maka kadar estrogen pun akan menjadi tidak seimbang. Kondisi ini dapat menyebabkan terjadinya kegagalan fungsi ovarium. Ketika fungsi ovarium terganggu atau bahkan gagal, maka produksi sel telur dapat berhenti dan memicu mati haid di usia dini.

  • Menghindari Merokok

Tentunya bagi wanita hal ini harus di hindari selain asap rokok yang berbahaya bagi kesehatan tubuh, hal ini juga akan memicu terjadinya menopause dini. Namun sebaliknya jika kamu menghindari merokok Menopouse pada dii kamu akan berjalan secara normal seiring bertambah nya usia.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru