7 Doa Bepergian Agar Senantiasa Dilindungi Saat Di Perjalanan

Resa Azzahra 0 Komentar

Tak hanya mempersiapkan materi dan fisik, bepergian juga butuh kekuatan doa untuk memperlancar perjalanan sampai ke tempat tujuan.

Indiffs – Bacaan doa bepergian sangat penting bagi umat Muslim agar senantiasa dilindungi dalam setiap perjalanan. Tak hanya sekedar mempersiapkan materi dan fisik, bepergian juga butuh kekuatan doa untuk memperlancar perjalanan sampai ke tempat tujuan.

So, jangan pernah lupa untuk mengucapkan doa bepergian sebelum memulai perjalanan. Sebab di atas segalanya ada Tuhan yang menentukan. Bepergian juga bisa menjadi tindakan pengabdian kepada Pencipta. Selain tetap menjalankan kewajiban agama seperti shalat, sebagai umat Islam, kita juga diminta untuk mencontohkan adab saat melakukan perjalanan dengan membaca doa bepergian.

7 Doa Bepergian

Berikut ini doa yang bisa di baca guna sebagai perlindungan diri kepada Allah SWT selama perjalanan:

1. Doa Keluar Rumah

Doa ini biasanya dilafalkan pas saat seorang muslim keluar rumah. Berikut bacaan doa keluar rumah, latin dan artinya:

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ

“Bismillahi, tawakkaltu ‘alallahi, laa haula wa laa quwwata illaa billaah”

Artinya :

“Dengan nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah.”

Membaca doanya dengan khusyuk ya, jangan sambil mengunyah makanan. Oya, lafaz doa tersebut bukan kalimat sembarangan, loh. Sebab ada hadisnya.

“Barang siapa yang ketika keluar dari rumahnya membaca doa “Bismillahi tawakkaltu ‘alallah laa haula wa laa quwwata illaa billah”, maka dikatakan kepadanya: Kamu telah tercukup dan terlindungi, dan syetan pun akan menjauh darinya.”
(HR. Tirmidzi).

2. Doa Bepergian Naik Kendaraan

Kita tidak tahu nasib malang apa yang akan menimpa di perjalanan. Sebagai ikhtiar untuk menghindarinya, bacalah doa bepergian jauh berikut ini. Doa ini dibaca sebagai permohonan agar Allah senantiasa melindungi selama bepergian.

سُبْحَانَ الَّذِىْ سَخَّرَلَنَا هَذَا وَمَاكُنَّالَهُ مُقْرِنِيْنَ وَاِنَّآ اِلَى رَبّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ

Subhaanal ladzii sakhhoro lanaa haadzaa wa maa kunnaa lahuu muqriniina wa innaa ilaa robbinaa lamungqolibuuna.”

Artinya :

“Maha suci Allah yang memudahkan ini (kendaraan) bagi kami dan tiada kami mempersekutukan bagi-Nya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami.”

3. Bacaan Doa Bepergian Jauh

Setelah membaca doa keluar rumah dan doa naik kendaraan, selanjutnya kamu bisa melanjutkan dengan membaca doa bepergian jauh agar senantiasa di jaga keselamatan selama berada di perjalanan dengan doa berikut ini.

  • Versi Panjang

اللَّهُمَّ إنَّا نَسْأَلُكَ في سَفَرِنَا هذا البِرَّ وَالتَّقْوَى، وَمِنَ العَمَلِ ما تَرْضَى، اللَّهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هذا، وَاطْوِ عَنَّا بُعْدَهُ، اللَّهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ في السَّفَرِ، وَالْخَلِيفَةُ في الأهْلِ، اللَّهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بكَ مِن وَعْثَاءِ السَّفَرِ، وَكَآبَةِ المَنْظَرِ، وَسُوءِ المُنْقَلَبِ في المَالِ وَالأهْلِ

Allahumma inna nas-aluka fi safarina haza-l-birra wat-taqwa, wa minal-‘amali ma tardho. Allahumma hawwin ‘alaina safarana haza, watwi ‘anna bu’dahu, Allahumma antas-sohibu fis-safar wal-khalifatu fil-ahli. Allahumma inni a-‘uzu bika min wa’atha-is-safar, wa kabbati-manzar, wa su-i-lmunqalabi fil-mal wal-ahli

Artinya : 

“Ya Allah, kami memohon kepada-Mu dalam perjalanan kami kesalehan, taqwa, dan amal saleh yang Engkau ridhoi. Ya Allah mudahkan perjalanan kami, dan perpendek jarak bagi kami. Ya Allah, Engkau adalah Sahabat kami dalam perjalanan dan pelindung keluarga kami (dalam ketidakhadiran kami). Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kesulitan perjalanan, pemandangan kesedihan, dan dari musibah harta dan keluarga.”

  • Versi Pendek
اَللّٰهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِعَنَّابُعْدَهُ اَللّٰهُمَّ اَنْتَ الصَّاحِبُ فِى السَّفَرِوَالْخَلِيْفَةُفِى الْاَهْلِ

Umma hawwin ‘alaina safaranaa hadzaa waathwi ‘amma bu’dahu. Allohumma antashookhibu fiissafari walkholiifatu fiil ahli.

Artinya :

“ Ya Allah, mudahkanlah kami bepergian ini, dan dekatkanlah kejauhannya. Ya Allah yang menemani dalam bepergian, dan Engkau pula yang melindungi keluarga”.

4. Doa Beristirahat Selama Perjalanan

Ketika sedang istirahat di bepergian kamu juga perlu membaca doa agar Allah senantiasa melindungi mu dari marabahaya selama bepergian. Berikut bacaan doa ketika istirahat saat bepergian jauh:

أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ

A’udzu bi kalimaatillahit taammaati min syarri maa khalaq.

Artinya :

” Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan ciptaan-Nya.”

5. Doa untuk Keluarga yang Ditinggal Bepergian

Saat berada di perjalanan Anda juga perlu mendiakan keluarga yang ditinggalkan di rumah. Agar selama bepergian, keluarga selalu diberikan kesehatan dan dijauhkan dari marabahaya. Berikut doa yang bisa dibacakan;

أَسْتَوْدِعُ اللَّهَ دِينَكَ وَأَمَانَتَكَ وَخَوَاتِيمَ عَمَلِكَ

Astaudi’ullaha dinaka wa amanataka wa khowatima ‘amalika.

Artinya:

” Aku titipkan kepada Allah pemeliharaan agamamu, amanatmu, dan akhir penutup amalmu.”

6. Doa Saat Melewati Tempat Angker

Doa ini diriwayatkan oleh Imam Abu Daud, Nasa’i, dan Imam Hakim. Dianjurkan pula untuk dibaca saat melewati tempat angker saat malam hari. Berikut lafal doa saat memasuki tempat angker:

يَا اَرْضَ رَبِّيْ وَرَبُّكَ اللهُ اَعُوْذُبِااللهِ مِنْ شَرِّكَ وَمِنْ شَرِّمَافِيْكَ وَشَرِّمَا خُلِقَ فِيْكَ وَشَرِّمَايَدُبُّ عَلَيْكَ اَعُوْذُبِكَ مِنْ اَسَدٍ وَاَسْوَدَ مِنَ الْحَيَّةِ وَالْعَقْرَبِ وَمِنْ سَاكِنِ الْبَلَدِ وَمِنْ وَالَدٍ وَمَا وَلَدَ

Ya ardha rabbi wa rabbukallahu audzu billaahi min syarrika wa min syari ma fika wa syarri ma khuliqa fika wa syarri ma yadubbu alaika audzu bika min asadin wa aswada minal hayyati wal aqrabi wa min sakinil baladi wa min walidin wa ma walad.

Artinya :

“Wahai bumi, Tuhanku dan Tuhanmu adalah Allah. Aku berlindung kepada Allah dari keburukanmu, dari keburukan yang terdapat padamu, dari keburukan segala sesuatu yang diciptakan padamu, dari keburukan makhluk yang merayap padamu, dan aku berlindung kepadamu dari kebuasan singa, ular hitam, kalajengking, dari penduduk negeri, dan dari kalangan makhluk manusia dan jin dan keturunannya.”

7. Doa Saat Tiba di Tujuan

Ketika kita bepergian menuju suatu tempat atau rumah seseorang, maka setelah sampai di tempat tujuan atau rumah yang kita maksud, kita disunnahkan membaca doa berikut:

اَللّٰهُمَّ إِنِّىْ أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ أَهْلِهَا وَخَيْرَ مَافِيْهَا وَأَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ أَهْلِهَا وَشَرِّ مَافِيْهَا

Allahumma inni as-aluka khoiroha wa khairo ahliha wa khairo ma fiha wa a’uzubika min syarriha wa syarri ahliha wa syarri ma fiha

Artinya :

“Ya Allah, saya mohon kepada-Mu kebaikan tempat ini dan kebaikan penduduknya serta kebaikan yang ada di dalamnya. Saya berlindung kepada-Mu dari kejahatan negeri ini dan kejahatan penduduknya serta kejahatan yang ada di dalamnya.”

Itulah beberapa doa yang bisa Anda baca selama berada di perjalanan. Semoga dengan membaca doa ini, Allah memberikan keselamatan dan kemudahan.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru